SELAMAT DATANG

INFO KAUNSELING SK LEREH

TANJONG KLING, 76 400 MELAKA

Tel : 06-3154264
Faks : 06-3154919

‘Segala yang BAIK bermula di Bilik Kaunseling’

MENU

Thursday, September 8, 2011

BAHAYA ROKOK 3

4.000 Bahan Kimia dan 400 Racun di Dalam Rokok


Allah memerintahkan kita untuk memakan bukan hanya makanan yang halal, tapi juga yang baik dan tidak merusak kesehatan:

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” [Al Maa-idah 88]

Allah melarang kita untuk merusak diri/kesehatan kita dan juga orang lain:

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” [Al Baqarah 195]

Berbagai penelitian ternyata menemukan 4.000 bahan kimia di mana 400 di antaranya beracun dan 40 di antaranya adalah karsinogen. Zat yang boleh menimbulkan penyakit Kanser!


Di antaranya adalah Tar yang merupakan bahan baku aspal, Nikotin yang membuat orang kecanduan rokok dan menimbulkan kanser paru-paru, dan Karbon monoksida yang sama dengan asap knalpot kenderaan bermotor yang dapat menimbulkan kematian.

Orang yang sudah ketagihan rokok, sulit untuk berhenti meski mereka ingin cuba menghentikan kebiasaan buruk mereka. Ibarat ganja dan narkoba, rokok menimbulkan kecanduan dan kenikmatan bagi pemakainya meski itu membahayakan kesihatan mereka. Orang yang sudah ketagihan tidak boleh berfikir lagi jika tidak merokok.


Bahkan dalam pengangkutan awam pun mereka tidak malu untuk merokok meski mereka tahu itu mengganggu penumpang lainnya. Mereka tidak sedar asap rokok boleh membahayakan isteri dan anak mereka.

Jumlah perokok yang semula mencapai 46 persen dari penduduk AS pada tahun 1950 turun menjadi 21 persen tahun 2004. Penurunan jumlah perokok itu juga diikuti jumlah penderita kanker paru sejak tahun 1960.


“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar..” [Ali 'Imran 110]
http://media-islam.or.id

Peringatan Merokok di Singapura.

Sejak 1 Julai 2004, Pemerintah Singapura mewajibkan penjual rokok untuk menampilkan 1 dari 6 gambar di bawah minimal 50% dari bungkus rokok di depan dan di belakang. Di antara pesannya adalah rokok boleh membahayakan kesihatan seperti keguguran, kanser mulut, kanser leher, dan sebagainya.

Pada 1 Oktober 2006, peringatan tersebut membuatkan penggunaan rokok di Singapura menurun.

Tanda larangan merokok di Malaysia:

No comments:

Post a Comment